PUSDALOPS PB MENUJU INTERGRASI DATA KEBENCANAAN DALAM SATU DATA DI KABUPATEN MANGGARAI BARAT

  • Senin, 31 Oktober 2022 - 10:04:14 WIB
  • Pusdalops BPBD MABAR
PUSDALOPS PB MENUJU INTERGRASI DATA KEBENCANAAN  DALAM SATU DATA  DI KABUPATEN MANGGARAI BARAT

 

 

 

Labuan Bajo – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan dukungan SIAP SIAGA (Program Kemitraan Australia – Indonesia untuk  Kesiapsiagaan Bencana) melaksanakan kegiatan Penguatan PUSDALOPS PB yang dilaksanakan di Hotel Bintang Flores Labuan Bajo, tanggal 26 – 27 Oktober 2022. Adapun tujuan dari giat tersebut adalah Penguatan PUSDALOPS PB Menuju Integrasi Data Kebencanaan Dalam Satu Data Di Kabupaten Manggarai Barat.

Hadir secara langsung untuk membuka kegiatan dan memberikan materi tersebut Kepala BPBD Kabupaten Manggarai Barat Oktavianus Andi Bona didampingi Koordinator Program SIAP SIAGA  NTT Silvia  Fanggidae. Kegiatan hari pertama disampaikan materi Evaluasi dan Penguatan Manajemen Data dan Informasi Kebencanaan melalui INATANA (Aplikasi Pemantauan dan Data Bencana) yang disampaikan oleh Konsultan SIAP SIAGA Nida Saidah dan Staf Pusdalops PB BPBD Provinsi NTT Dedi Masan.  INATANA merupakan Integrasi Manajemen Data dan Informasi (MDI) yang yang bisa diakses oleh user admin BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten/Kota di Provinsi NTT dan terintegrasi dengan Website BPBD Provinsi NTT dengan tujuan untuk mempermudah koordinasi pengelolaan dan publikasi data kejadian bencana yang bisa dibagipakaikan oleh OPD terkait/Pentahelix dan masyarakat umum. Untuk lebih mengoptimalkan Pusdalops PB di bawah koordinasi BPBD Manggarai Barat dilaksanakan juga penguatan dan pembekalan kepada Tim Reaksi Cepat (TRC)  yang difasilitasi oleh Koordinator SIAP SIAGA.  

Kegiatan hari kedua yang dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk diskusi dan menentukan protokol integrasi data dan informasi kebencanaan dalam Portal Satu Data Sektoral dan Website BPBD Manggarai Barat dan dukungan lainnya dalam penanggulangan bencana. Materi Portal Satu Data Manggarai Barat disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kominfo Manggarai Barat Hildegunda Kartini Tulus.

Graphical user interface, website

Description automatically generated

Diharapkan dengan kegiatan selama dua hari bisa meningkatkan skill dan kapasitas bagi para peserta, meningkatkan layanan Pusdalops BPBD Kabupaten Manggarai Barat kedepannya dan lebih mengoptimalkan fungsi dan tugas Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) dalam pengelolaan data kejadian bencana di Kabupaten Manggarai Barat secara benar dan tepat dan  mempublikasikannya dalam kanal yang sudah dikembangkan BPBD Provinsi NTT dan Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Barat.

(LH - BPBD MABAR)

 

 

  • Senin, 31 Oktober 2022 - 10:04:14 WIB
  • Pusdalops BPBD MABAR

Berita Terkait Lainnya